Benci Cina? Pikir Lagi!

ralat, maksud gw bukan Cina, tapi Tionghoa. karena peraturan yg baru nyuruh gitu. mungkin karena emang rakyat kita pada sentimen sama yg namanya Cina, entah karena apa. tapi gw heran sama orang yg ga suka sama Cina (tionghoa). haduh, gw juga udah biasa nyebutnya Cina, jadi mungkin di blog ini bakal sering terjadi salah ketik (ngeles, kayak menkominfo #eh). ini gw post sekarang karena biasanya musim pemilu gini serangan SARA bertebaran, dan kadang keturunan Cina ini juga diserang

ada pepatah yg bilang, “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina.” bahkan ini adalah sebuah hadist Rasul

اُطْلُبُوْا العِلْمَ وَلَوْ في الصِّينِ

meski hadist ini lemah, tapi gw rasa semua orang juga pasti berpikir kenapa harus Cina?

sebelum peradaban masehi dimulai? Cina udah cukup maju. dimana kertas ditemukan? dimana mesiu ditemukan? dimana mie/pasta ditemukan? masih banyak temuan2 lainnya yg berasal dari sana. ya, mereka sudah maju, bahkan dari sebelum agama Kristen ada, apalagi Islam (yg lahir sekitar 600 masehi)

buat yg sering main Dynasty Warrior atau baca buku Romance of Three Kingdoms tentu tak asing lagi mendengar kerajaan Shu, pada masa dinasti Han. di sini banyak karakter tokoh2 yang sangat baik untuk diteladani. ah iya, bukan maksudnya gw gak meneladani Rasul atau tokoh lain, mereka ada sekitar 200 tahun sebelum masehi

misalnya saja Liu Bei, simbol kebijaksanaan. Liu Bei adalah kakak angkat dari Guan Yu dan Zhang Fei. mereka bersumpah setia menjadi saudara, dan memang tidak ada satupun mereka yang berkhianat. Liu Bei menjadi kakak angkat karena memang dianggap paling bijak. bahkan beliau sangat dicintai rakyat2nya, karena setiap keputusannya pro rakyat Shu

kalo pilkada DKI kemarin calonnya Jokowi, Foke, 3 calon lain sama Liu Bei, ya Liu Bei menang 1 putaran, karena emang rakyat yg dipimpinnya suka. tapi untungnya dia ga ikut pilkada

Lalu ada Guan Yu, simbol ketangguhan. dia menjadi adik Liu Bei dan kakak Zhang Fei. dia selalu tangguh dalam berperang, hingga dijuluki dewa peperangan. bahkan dia tidak suka menyerang musuh dari sisi belakang. pernah diajak Cao Cao untuk tetap di Wei, dirayu oleh gadis, arak, tahta dsb, tetapi itu semua tidak mempan. dia hanya menerima Red Hare (kelinci merah, kuda tercepat di jaman tersebut), karena dengan kuda itulah dia bisa pulang dan menemui saudaranya, Liu Bei. setelah pulang pun dia tidak bisa melupakan kebaikan Cao Cao, sehingga sempat “melepaskan” Cao Cao (padahal lagi perang, dan sebaiknya dia membunuh Cao Cao untuk kebaikan pasukkannya)

last but not least, Zhuge Liang, si ahli strategi, dijuluki juga Naga Tidur. kecerdasannya tidak tertandingi di jamannya. bahkan strategis negeri sebelah (Wei), Sima Yi, mampu dikadalinya meski Zhuge Liang sendiri telah meninggal. setiap strategi perangnya selalu tepat, kecuali jika bawahannya tidak mematuhi perintahnya. contoh waktu Guan Yu berhadapan sama Cao Cao yg sudah terkepung dan tinggal dihabisi, sebelumnya dia juga telah mewanti2 agar tugas tersebut bukan dilaksanakan oleh Guan Yu, tapi apa boleh buat.

masih kurang? coba nonton Red Cliff. sekarang coba kita balik ke sejarah Indonesia sendiri. karena ngomongin soal Cina juga ga akan lepas dari sejarah bangsa Indonesia sendiri. gw ga tau di sekolahan diajarin apa engga kalo orang2 keturunan Cina itu ikut membantu memerdekakan Indonesia. tapi seinget gw sih engga, soalnya gw bener2 ga pernah liat ada nama Cina di buku sejarah anak2 sekolahan (dari SD sampe SMA). tapi sih gw berharap emang gw kurang baca sejarah aja waktu sekolah

gw tadi iseng2 nyari soal sejarah Timnas Hindia Belanda, nama Timnas sebelum Timnas Indonesia, yg mana jadi negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. sebelum ke sini, gw mau membahas soal Sin Po dulu. dari namanya aja jelas, berbau Cina, tapi menurut Bung Karno dan Etnis Tionghoa (dikutip dari tante wiki) surat kabar ini ikut menyerukan nama Indonesia menggantikan Hindia Belanda, serta memuat lagu kebangsaan Indonesia Raya. tapi apa daya, setelah G/30/S/PKI koran ini punah (ya tau lah kenapa)

jadi adek2 anak sekolahan, jadi tau kan Sin Po itu apa?

ah iya, balik ke saat dimana gw nyari sejarah Timnas Hindia Belanda. karena seinget gw, olahraga paling popular di Indonesia ini sejarahnya ga lepas dari orang2 keturunan Cina juga. dibanding tante wiki, sumber dari ninesport sama BBC ini lebih bikin merinding pas dibaca

ini skuadnya (dari nine sport)
Skuat Hindia Belanda di Piala Dunia 1938

Kiper: Tan “Bing” Mo Heng (HCTNH Malang), Jack Samuels (Hercules Batavia)

Belakang: Dorst, J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS Soerabaja), Frans G. Hu Kon (Sparta Bandung), Teilherber (Djocoja Djogjakarta)

Tengah: G.H.V.L. Faulhaber (Djocoja Djogjakarta), Frans Alfred Meeng (SVBB Batavia), Achmad Nawir (HBS Soerabaja), Anwar Sutan (VIOS Batavia), G. van den Burgh (SVV Semarang)

Depan: Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soerabaja), Tan See Han (HBS Soerabaja), Isaac “Tjaak” Pattiwael (VV Jong Ambon Tjimahi), Suvarte Soedarmadji (HBS Soerabaja), M.J. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV Jong Ambon Tjimahi), R. Telwe (HBS Soerabaja), Herman Zomers (Hercules Batavia)

Pelatih: Johannes Mastenbroek (Belanda)

skuad
Depan (kiri-kanan), Telwe, Hukom, Pattiwael, Soedarmadji, Tan See Han and Hong Djin. Belakang: Anwar, Dorst, Bing Mo Heng, Van der Burg, Faulhabe

di sumber tertulis bahwa Tan Mo Heng adalah 1 dari 4 pribumi yang ada disana. iya, pribumi, meski namanya Tan, meski klubnya Hua Chiao Tsing Nien Hui. karena saat itu ya Indonesia bersatu, tidak kenal perbedaan SARA. selain starter masih ada nama lain seperti Tan Hong Djien (Tionghoa Soerabaja) sama Tan See Han (Houdt Braaf Stand (HBS) Soerabaja) (dari tante wiki

itu dari sepakbola, gimana dari cabang lain kayak bulutangkis, yang katanya jadi kebanggaan kita. oke, ngomongin bulu tangkis justru inilah bukti sahih akan kontribusi orang2 pribumi yang keturunan Cina itu tersebut. siapa orang bultang yang ga tau Rudy Hartono, finalis All England Open dari 1968 – 1976, yang mana di final2 tersebut doi hanya kalah di tahun 1975. nama lain pria kelahiran Surabaya 18 Agustus 1949 sendiri Nio Hap Liang, (sumber). 9 kali doi mengibarkan Bendera Merah Putih di Inggris (baru Inggris doang ya, ga gw ceritain yg lain), 8 di antaranya sang saka berkibar di tiang tertinggi

ada lagi istilah di bultang: King Smash. nama King Smash sendiri diambil dari nama legenda kita juga: Liem Swie King (Lín Shuǐjìng). doi disebut2 pewaris Rudy Hartono, karena emang doi juga bersinar di All England Open (sumber)

trus ada juga Alan Budikusuma (Goei Ren Fang) sama bininye Susi Susanti (Wang Lian-xiang). prestasinye cari sendiri aje dah, banyak soalnye

di sisi IT, langsung aja gw sebut Andrew Darwis, yg punya Kaskus. di sini gw dapet banyak info edukatif. bahkan jujur aja, gw masuk enhaii juga gara2 info dari kaskus: info2 sama tips masuk dan bertahan hidup di enhaii langsung dari alumni2nya

buat para mahasiswa, terutama aktivis, mungkin banyak yg mengenal sosok Soe Hok Gie. dari namanya aja jelas tokoh inspirasional ini keturunan Cina

itu soal sejarah. kalo soal sekarang Cina sendiri dikenal sebagai bangsa yg punya etos kerja tinggi. selain itu, mereka bener2 anti korupsi. buktinya banyak koruptor2nya yg dihukum mati

“ini melanggar HAM bro!!”

melanggar HAM? sebagai negara komunis mereka justru melegalkan proses keagamaan. berbeda dengan sebuah negara yg mengklaim dirinya beragama, tetapi ke gereja aja ada perasaan takut digrebek orang ber-IQ 2D (dua digit). ke masjid pun juga kadang takut diracuni aliran radikal. bahkan kadang ngisi shaf depan aja kadang dilarang, alesannya karena itu khusus buat ulama2nya

akibatnya apa? mereka jadi negara maju. produk mereka juga sekarang mendunia. mungkin di sekitar kalian juga ada produk Made in China

jadi kembali ke pertanyaan awal. masih benci cina? saran gw sih ya elo jangan pernah pake kertas, soalnya kertas pertama kali ditemuin di sana. jangan kayak ormas2 yg bilang anti amerika tapi mobilnya Jeep, gadgetnya Apple. jangan kayak orang yg teriak amerika tapi dia pake topi nike, kaos Ralph Laurent sama makan produk KFC

ah iya, hampir lupa. siapa penemu benua Amerika? Colombus? Amerigo Vespucci? apa Cheng Ho (muslim Cina)?

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: