Fungsi Internet Cepat

bukan rahasia umum lagi kalo internet di Indonesia itu tergolong mahal, tapi lemot. dan entah angin apa yg berhembus, tiba2 gw inget akan sebuah berita yg isinya tentang pertanyaan dari kemenkominfo tercinta kita: kalau internet cepat trus mau ngapain? ya, kurang lebih seperti itu. mengenai link beritanya sendiri, gw kebetulan lagi males nyarinya (sebenernya ini gw ngepost juga pas lagi buru2 mau pergi). sejujurnya, menurut gw ini sebuah pertanyaan yg tidak perlu dijawab, bahkan sebenernya juga ga perlu ditanyakan. mungkin sepertinya doi sedang khilaf waktu bertanya demikian, doi lupa fungsi2 inet cepat seperti di bawah ini

Media Belajar

dari mulai SMA, gw (dan beberapa temen gw) menganut paham YouTube is the best teacher. jujur aja, ini ga bisa dibantah. dan kebetulan gw juga kuliah di jurusan perhotelan dimana2 ilmu vokasi itu sangat diperlukan. salah satunya ya YouTube (portal video terbesar di dunia maya). banyak banget video pembelajaran yg udah gw download, tapi gw merasa masih kurang.

jujur aja sih, download video itu bagusnya bisa jadi koleksi. tapi gw download karena gw emang males nunggu buffering. walhasil ya gw tetep nunggu, tapi space di harddisk gw terpakai. sebenernya lebih efektif jika kita langsung nonton aja. tapi yaa gitu deh koneksi di mari

Media Komunikasi

Indonesia itu bukan negara yg kecil. buktinya aja Indonesia punya 3 zona waktu, bandingin sama eropa (benua) yg zona waktunya cuma 2. kalo ga percaya ya liat aja di globe, bandingin gedenya Indo sama eropa. dan berhubung mobilitas kita masih tergolong susah, video call itu menjadi sarana yg bagus untuk berkomunikasi, atau bahasa lebih islaminya ‘menjalin silaturahmi’. kalo inet kenceng, dari sabang sampai merauke kan bisa terhubung dengan mudah lewat video call. kalo inetnya lemot ya mana bisa gini. tapi sepertinya beliau lupa akan hal ini

Media Informasi

Banyak orang yg tergolong sibuk, sampe mungkin ga sempet liat berita. mungkin karena ke-kepo-annya, mereka nyempetin liat berita sebelum tidur. mungkin mereka mau liat video streaming. tapi yaaa gitu deh, jadinya mereka batal dan memutuskan langsung tidur (udah tau lah kenapa)

Media Sharing

terkadang kita harus mengupload sebuah video, entah itu keperluan pekerjaan, akademis, keluarga, dll. dan video itu kalo kualitasnya bagus ukurannya ga kecil. jadi kalo mau upload ya bakalan lama dengan koneksi sekarang -.,- ga cuma video, mungkin ada file/berkas/dokumen lain yg memang ukurannya besar

——————————————————————————

itulah segelintir contoh, mungkin masih ada yg lain? padahal dari berita yg gw baca juga, penyerapan dari menkominfo itu paling baik. tapi sepertinya penyerapannya lebih terpakai buat memblok situs2 porno daripada untuk mengembangkan kualitas komunikasi kita

dan sebenernya, ngeblok situs porno gitu padahal percuma, orang2 dimari juga tetep bisa ngebukanya. dan kata2 “kami telah memblok sekian situs porno”, “kami akan berantas situs2 porno” dll, secara psikologi malah mengiklankan orang biar buka situs porno pak, bener deh, bahkan beberapa malah tertantang biar bisa ngebuka blocking tersebut. dan kenyataannya emang anak sd pun juga bisa, cukup 1 menit diajarin malah

dan mereka bukan hacker loooh. ente tau kan definisi hacker itu apa? hacker itu bukan orang jahat loooh pak, yg jahat itu cracker. saya sih ngingetin aja, mungkin ente masih belum tau. jadi kalo ada banyak pelajar mau jadi hacker yaaa ga usah prihatin, mestinya seneng karena banyak yg mau belajar teknologi

dah ah, gw cuma bisa berharap semoga inet di Indonesia makin cepet dan makin murah

Leave a comment

2 Comments

  1. ANDR

     /  April 9, 2014

    Bung, gue cuma mau ngomong aja. Mungkin agak ga ada kaitannya sama isi tulisan ini. Tapi yang gue bingung, kok kemenkominfo jawabannya malah seperti itu, ya? Padahal internet cepet itu ngehemat waktu banget.

    Sebagai contoh, kalau gue cuma mau download materi dari email kelas, gue harus nunggu lumayan lama. Dan itu waktu nunggu gue pake untuk ngelakuin hal yang ga berguna. Semisal main game di smartphone. Kalo buat sesuatu yang berguna, waktu untuk nunggu download-an ga bisa gue pake buat belajar,soalnya penasaran terus sama progressnya,jadi ga konsen juga buat ngecek2 terus.

    Heran gue sama kemenkominfo ini, Jawabannya suka aneh2 dan ga esensial. Terus terang aja, masih banyak jawaban-jawaban kemenkominfo yang lain yang menurut gue kurang secara intelektual dibandingkan dengan status ‘tingkat kementerian’ yang dia sandang. Coba bung googling sendiri (apa barangkali bung sudah tau kali ya?) Intinya, hobi banget gitu loh komentar tentang sesuatu yang ga esensial. Semoga cepet ganti dah menterinya.

    Btw sori bung komennya panjang dan kurang berkualitas. Kesel aja gue sama doi

    Reply
    • gapape, gw juga ngerti kok. yah itulah menteri yg isi otaknya selangkangan doang

      ga usah di-googling, nanti antek2nya malah ngasih hadist (yg udah disalahgunain sama mereka). intinya jangan suka nyari kesalahan orang lain
      nah, kalo antek2nya udah komen, nanti agama gw sendiri yg jadi tercoreng

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: