Sarapan

“Artikel ini baik untuk anak sekolahan, mahasiswa, anak kosan, pekerja dll. jadi mohon disimak, karena ini menyangkut arah pembangunan bangsa.”

lebay? tidak! karena Anda tidak bisa membangun negeri dengan perut yg lapar. Anda tidak bisa berpikir jernih. lalu bagaimana para abdi negara kita berpikir? mahasiswa kita? pelajar a.k.a generasi penerus tonggak bangsa? so cekidot! (taken from infojkt.com

Sarapan adalah waktu makan yang terpenting dalam sehari. Sarapan menjadi penting karena inilah waktu makan pertama setiap hari. Sehingga, sarapan bukannya asal memasukkan makanan atau minuman ke dalam tubuh, tetapi juga perlu diperhatikan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

“Selama ini orang berpikir hanya minum air, kopi, atau teh sudah sarapan, atau hanya makan sepotong kue kecil sudah dianggap sarapan. Padahal itu belum cukup untuk dikatakan sarapan. Sarapan harus memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi harian sebagai bagian gizi seimbang,” jelas Ketua Umum Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia Hardinsyah, Selasa (8/1/2013) kemarin dalam acara Deklarasi Pekan Sarapan Nasional (PESAN) di Jakarta.

Menurut Hardinsyah yang juga Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, masih banyak masyarakat yang salah memaknai sarapan. Hal ini mungkin karena masih banyak yang belum tahu manfaat sarapan. Sarapan tidak bisa diartikan makan pagi atau minum pagi saja. Paling tidak, sarapan harus mengandung karbohidrat dan protein seimbang, ditambah dengan vitamin dan mineral.

“Satu butir telur atau satu gelas susu untuk sarapan masih belum cukup. Paling tidak menu sarapan bisa terdiri dari nasi, lauk pauk berprotein seperti telur, potongan timun atau tomat, sabutir apel atau pisang dan minuman,” paparnya.

“Kebutuhan vitamin dan mineral memang paling sulit dipenuhi saat sarapan. Berbeda dengan karbohidrat dan protein yang relatif mudah didapatkan hanya dari nasi dan lauk. Maka sebisa mungkin tetap sisipkan sayuran atau buah dalam sarapan,” tambahnya.

Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan Slamet Riyadi Yuwono menambahkan bahwa sarapan sangat penting artinya bagi kecerdasan anak. “Sarapan terutama penting bagi usia anak sekolah. Di usia ini, adalah masa otak masih berkembang yang sangat menentukan kecerdasan berpikir, berperilaku, dan emosional.”

Menurutnya, dengan kebiasaan sarapan, anak-anak sekolah akan lebih cerdas dan akan bertumbuh menjadi generasi yang dapat memajukan bangsa dan negara. Maka ia selalu mendukung upaya dari berbagai pihak yang selalu menginformasikan tentang sarapan sehat.

Bukan hanya bermanfaat bagi kemampuan berpikir, aktivitas fisik, dan emosional. Ternyata, sarapan pun bermanfaat untuk meningkatkan kedisiplinan. Hardinsyah menegaskan, sudah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan pentingnya sarapan, tetapi terkait manfaatnya dalam meningkatkan kedisiplinan belum banyak diketahui.

“Sarapan dilakukan dari jam 5 sampai jam 9 di pagi hari. Maka, jika terbiasa sarapan, pasti bangun lebih pagi, baik untuk mempersiapkannya maupun makannya. Terlebih jika ada batasan waktu masuk sekolah, pasti akan lebih disiplin lagi,” ujarnya.

sumber:
ini dan ini

Sarapan pagi amatlah penting sebelum memulai hari. Ahli gizi menemukan fakta bahwa sarapan merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan bagi Anda yang ingin hidup sehat
Membakar kalori lebih banyak

Menurut penelitian dari The Mayo Clinic for Medical Education and Research, orang yang tidak terbiasa sarapan membakar kalori 150 lebih sedikit dibanding mereka yang sarapan setiap hari. Jadi, Anda bisa memilih antara melakukan sarapan atau mengempel lantai selama 10 menit.

Risiko terkena demam lebih kecil
Para peneliti di Cardiff University mengatakan bahwa orang-orang yang terbiasa sarapan tidak mudah terserang demam, flu, atau penyakit pernapasan lainnya. Karena sarapan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak mudah depresi
Orang yang terbiasa sarapan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk depresi atau bahkan bunuh diri. Hal ini berdasarkan penelitian dari University of Bristol yang mengatakan kekurangan hormon serotonin dapat menyebabkan Anda merasa lelah, sulit konsentrasi, dan mudah terganggu.

Panjang umur
Sebuah penelitian yang dilakukan The Stress Institute menemukan fakta bahwa orang-orang yang mencapai usia 100 tahun melakukan sarapan lebih teratur dibanding mereka yang tidak mencapai usia tersebut.

Memberi energi
Orang-orang yang melakukan sarapan cenderung lebih berenergi dan terlihat lebih aktif dibanding mereka yang tidak sarapan.
Mengurangi berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, sebaiknya melakukan sarapan dengan menu diet, agar porsi makan siang Anda dapat dikurangi. Lakukan hal ini selama 3 bulan berturut-turut, maka berat Anda akan turun.

Bikin lebih pintar
Sebuah penelitian di The Journal of Psychiatric Research menemukan fakta bahwa sarapan dapat meningkatkan daya ingat dan membantu seseorang untuk berpikir dan melaksanakan tugasnya lebih baik saat bekerja.

sumber: disini dan disini

hindari ini saat sarapan

Sarapan dianggap penting karena manfaatnya untuk kesehatan. Ada banyak pilihan sarapan yang sehat untuk dipilih seperti melon, oatmeal, susu, bubur dan telur dadar. Namun tidak semua makanan baik dikonsumsi untuk sarapan.

Seperti dilansir symptomfind.com, berikut adalah makanan yang sebaiknya dihindari untuk sarapan:

Kue Kering
Meskipun enak dan gampang disantap, kue kering banyak mengandung gula beku, lapisan gula dan bahan-bahan lainnya. Karbohidrat yang berlebihan akan membuat perut lebih cepat terasa lapar jika dibandingkan dengan memakan protein tanpa lemak.

Sebagian besar kue kering juga dibuat dari tepung putih, bukan biji-bijian. Tepung putih merupakan karbohidrat olahan yang kaya akan lemak dan kalori. Gantilah kue kering dengan roti gandum panggang atau muffin untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung dan pembuluh darah

Telur Dadar Ditambah Lemak dan Kolesterol
Telur dadar merupakan sumber protein dan banyak mengandung nutrisi. Orang yang harus membatasi asupan kolesterol masih boleh memakan telur dalam porsi sedang atau hanya memakan bagian putih telurnya saja.

Sayangnya, telur yang dihidangkan dengan keju dan banyak ditaburi garam dapat menyumbat pembuluh darah. Akan lebih baik jika menghidangkan telur rebus atau telur yang digoreng dengan minyak sayur yang lebih sehat.

Lemak Daging
Sosis dan daging merah sering dihidangkan untuk sarapan. Namun makanan ini bisa memicu penyakit jantung, meningkatkan kadar kolesterol jahat dan memicu stroke.
Protein memang penting untuk sarapan dan dapat membantu tetap kenyang sampai waktu makan siang. Untuk mengganti daging merah, ayam dan telur merupakan sumber protein tanpa lemak yang lebih menyehatkan.

Donat
Donat sebaiknya dihindari untuk sarapan. Donat banyak mengandung gula, baik gula yang ditaburkan, gula bubuk atau lapisan gula. Selain itu, donat juga banyak mengandung lemak trans dan sebagian besar donat dibuat dengan tepung putih, bukan biji-bijian.
Nilai gizi donat hanya sedikit atau bahkan tidak ada. Makanan kaya lemak dan kalori tinggi ini dapat menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit serius lainnya.

Jus Buah atau Minuman Lain dalam Kemasan
Jus buah dalam kemasan tidak sesehat buah utuh. Jus buah yang diklaim terbuat dari apel, anggur, jeruk dan lemon telah ditambahkan gula yang memiliki efek sama buruknya seperti soda. Jika mencari makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk sarapan, akan lebih baik jika makan buah-buahan.

Selain jus buah, makanan lain yang seharusnya sehat bisa menjadi tidak sehat karena telah ditambahkan berbagai macam bahan lain. Bacalah label nutrisi pada kemasan untuk memastikan kandungan bahan-bahan di dalamnya.

sumber

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: