Blog Never Dies

beberapa orang memprediksi kemunculan mikro-blogging (twitter) akan menggoyang popularitas blog yg biasa (wordpress, blogspot, dll). IMHO, twitter ‘cuma’ menang buat postingan live, misalnya livescore, update hasil pemilu, dan kejadian2 menarik lain yg dirasa perlu live report. sisanya?

blog memberi tempat penyimpanan media jadi lumayan buat elo yg kadang suka ngunduh2 file, misalnya gambar, lagu, presentasi dll. jadi elo ga repot bikin akun lain buat sekadar upload media

1 postingan banyak gambar

jadi elo cukup pake 1 postingan buat nyisipin banyak gambar. tentu aja ini berguna kalo misalnya elo mau ngepost galeri sekaligus. misal elo mau nampilin menu yg elo makan hari ini, elo foto aja appetizernya dulu, trus main course, dessert deh. ga perlu foto tiga-tiganya langsung yg mana membuat foto elo jadi keliatan lebih kecil

kalo di mikro blogging, bisa aja sih elo fotoin satu2, trus tweet/post dah. tapi kesannya gimana gitu, elo kayak ngelive-report lunch elo. kalo lagi di jamuan sih gapapa, tapi ya itu merusak adab makan, lagi makan kok malah mainan gadget (_ __”)

karakter blog tak terbatas

oke, ini bener2 paling vital. mikro blogging cuma kasih elo 140 karakter, kalo elo mau panjang lebar ya elo pake bahasa sms (msal’a kyk gn). dude, bahasa itu sendiri aja udah penuh ambigu, apalagi kalo pakebahasa sms -___-

jujur gw lebih suka belajar via blog daripada via twitter orang. alesannya sih simpel, kalo belajar dari blog bacanya kan dari atas ke bawah, kalo belajar dari twitter ya bacanya mesti scroll dulu ke bawah (entah dari twit yg mana dia mulai kasih materi -____-) terus elo baca dari atas ke bawah, terus ke atas lagi. karena apa? karena karakternya terbatas di 140. itu alasan pertama, alasan keduanya, gw harus nunggu dia selesai ngetwit buat postingan/kalimat selanjutnya. daripada gw tungguin mending gw buka linknya, gw baca dari awal sampe abis deh

trus kadang kultwit (kuliah twitter) elo terintrupsi dengan twit lain, ga lucu kan kalo kepotong gitu -___- kalo misalnya twit elo diritwit (dari awal kuliah sampe akhir) ya jadinya orang yg ngeritwit jadi ngebanjirin linimasa/timeline followersnya. kasian followersnya followers elo yg ngebaca tu ritwit, kalo misalnya dia ngerasa yg diritwit itu ga penting, twit lainnya yg mungkin penting kepukul jatoh ke bawah linimasa

belum lagi kalo misalnya kalimat elo cukup kontroversial. apa yg akan terjadi kalo misalnya elo ngetwit demikian

saya tidak percaya bahwa tuhan itu ada. lagipula apalah itu tuhan?! di kamus saja tidak ada, gimana gw bisa percaya?!!
(118 karakter)

kalimat kayak gitu tentu sangat perlu penjelasan. belum lagi mengingat sifat bangsa endosia yg hanya menaruh “Bhineka Tunggal Ika” di buku catatan SD, tidak diamalkan. mana mengerti mereka tentang keanekaragaman, mana mengerti mereka akan sila pertama Pancasila (Ke-Tuhanan Yang Maha Esa)

kalo gw ngetwit kayak gitu, mungkin gw langsung dicap penganut Atheisme garis keras. tapi kalo disini kan gw bisa menjelaskan: pertama emang di ‘kamus besar bahasa Indonesia’ kata tuhan itu tidak ada, adanya ‘Tuhan‘. kedua, yg namanya Tuhan itu Maha Ada, beberapa ahli agama mungkin sering khilaf, lupa memasukkan kata ‘Maha’ sebelum mengucap sifat Tuhan

ga kebayang kan kalo gw ngetwit ini, mungkin abis dibaca twit kontroversial itu, gw langsung diblock karena dicap demikian, dan di kehidupan nyatanya gw dikucilin deh. buat ngejelasin poin terakhir aja gw perlu karakter sebanyak ini, ga ngerti lagi deh kalo harus via mikro blogging

kesimpulannya: perlakukanlah sesuatu secara tempatnya, ini cuma opini pribadi aja sih

Leave a comment

Leave a Reply

