kepariwisataan

[attention!! kalo emang elo pada males baca mending langsung skip ke bagian paling bawah postingan ini!]

beberapa pengertian kepariwisataan (UU No 10/2009)
wisata: perjalanan orang ke suatu tujuan yang dilakukan seorang atau berkelompok
pariwisata: berbagai macam kegiatan pariwisata didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat pengusaha, pemerintah dan pemda
kepariwisataan: keseluruhan kegiatan yg terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multi disiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan negara serta interaksi antara wisatawan, pemerintah, pengusaha dan pemda

lingkup pembangunan kepariwisataan:
industri pariwisata: daya saing produk, kedibilitas bisnis, dst
destinasi pariwisata: pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan daya tarik wisata, pemberdayaan prasarana, penyediaan fasilitas umum, dst
pemasaran: promosi secara terpadu & berkesinambungan dengan melibatkan seluruh stakeholders
kelembagaan pariwisata: organisasi pemerintah, pemda, swasta, masyarakat regulasi, sumber daya, dst

konsep
waktu luang: waktu yg tersisa setelah kebutuhan dasar terpenuhi
rekreasi: kegiatan saat waktu luang, jenisnya: rumahan, harian, pelancongan (sehari penuh) dan wisata (lebih dari 24jam)

sistem kepariwisataan:
wisatawan: pihak yg melakukan kegiatan pariwisata
dunia usaha: penyedia fasilitas penunjang
pemerintah: menciptakan kesejahteraan melalui kepariwisataan. pemberi surat2 izin
masyarakat: penduduk setempat yg tinggal di suatu daerah tujuan wisata. secara langsung menerima dampak kegiatan kepariwisataan

prasarana kepariwisataan:

  • prasarana perhubungan
  • isntalasi listrik dan air bersih
  • instalasi bahan bakar
  • perairan dan irigasi
  • perbankan dan moneter
  • pelayanan pos dan telekomunikasi
  • pelayanan kesehatan, keamanan dan pendidikan

sarana kepariwisataan/main tourism superstructures. sangat bergantung kepada aurs kedatangan orang yg melakukan perjalanan wisata

  • obyek daya tarik wisata
  • travel agent & tour operator
  • angkutan wisata
  • akomodasi
  • bar, rumah makan & restoran

wisatawan: mereka yg mengadakan perjalanan untuk senang2, mengunjungi keluarga, pertemuan karena tugas tertentu (tugas negara, diplomasi, agama, olahraga), untuk usaha, mengikuti perjalanan kapal laut (meski kurang dari 24 jam)

bukan wisatawan: berkunjung untuk mencari kerja, mencari tempat tinggal, penduduk perbatasan, numpang lewat

klasifikasi wisatawan
resident: tinggal lebih dari 12 bulan atau jika kurang, ingin kembali lagi kurang dari 12 bulan
tourist/overnight visitor: pengunjung masih dalam suatu negara dan menginap paling tidak semalam
visitor/wisnus:/ tinggal di suatu negara, melakukan perjalanan masih dalam negaranya dengan tujuan tidak mencari nafkah dan tidak lebih dari 12 bulan selama di tempat tersebut
same-day visitor: tidak meninap

jenis wisatawan
foreign tourist: orang dari negara lain
domestic foreign tourist: bertempat tinggal di negara lain karena tugas, lalu berwisata
domescit tourist: tidak keluar batas negara
indegenus foreign tourist: WN tertentu yg karena tugas pulang ke negara asal dan berwisata di ‘kampung’nya

produk wisata
Burkat & Medlik: produk wisata dapat merupakan suatu susunan produk yg terpadu yg terdiri dari obyek & daya tarik wisata, transportasi, akomodasi dan hiburan (tiap unsur produk pariwisata dipersiapkan oleh masing2 perusahaan dan ditawarkan secara terpisah)
Medlik & Middleton: produk wisata terdiri dari suatu paket yg satu sama lainnya tidak terpisah serta memenuhi kebutuhan wisatawan sejak meninggalkan tempat tinggalnya, sampai ke tempat tujuannya dan kembali lagi ke tempat asalnya
3 sunsur produk wisata: attraction/atraksi, amenities/fasilitas dan accessibilities/kemudahan

ciri2 produk wisata

  • tidak dapat dipindahkan
  • tidak perlu perantara untuk mencapai kepuasan
  • tidak dapat ditimbun/disimpan
  • sangat dipengaruhi faktor non ekonomis
  • tidak dapat dicicip
  • sangat tergantung pada faktor manusia
  • memiliki resiko tinggi di investasi
  • tidak punya standar objektif dalam menilai mutu produk

delapan unsur produk wisata yg membentuk paket pariwisata

  1. obyek & daya tarik wisata
  2. travel agent & tour operator
  3. perusahaan angkutan
  4. pelayanan akomodasi, restoran, rekreasi & hiburan
  5. travel agent & tour operator lokal
  6. jasa transportasi lokal
  7. jasa souvenir
  8. jasa perusahaan pendukung

produk wisata: bentukan yg nyata dan tidak nyata, dikemas dalam suatu kesatuan rangkaian perjalanan yg hanya dapat dinikmati apabila seluruh rangkaian perjalanan tersebut dapat memberikan pengalaman yg baik bagi orang yg melakukan perjalanan tersebut

tipologi
alam: pantai, gua, sungai, danau, hutan dll
buatan manusia: umum (situs arkeologi, peninggalan sejarah). pariwisata (resort wisata, taman), tidak dapat disimpan
kegiatan khusus: pekan olahraga, festival budaya, pekan raya, dagang

sisanya nyusul, gw mau tidur, ngantuk, mau uas ini materi…

————————————————————
*edited*

karena UASnya udah selese, jadi gw males lanjutin, gw kasih link donlod presentasinya aja yak *sebelumnya maaf kalo banyak typo

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: