Kenangan Saat Ujian Nasional

sesuram apapun ujiannya, pasti ada kenangan indah disana

kutipan di atas mengacu pada UN gw yg suram di 2 pelajaran. cuma gw yakin, ini juga terjadi ke semua orang yg ujiannya ga beda (suramnya). mumpung masih suasanya UN, mari sedikit mengenang salah satu masa2 terindah di bangku sekolah

dimulai di hari pertama, di ujian pertama. kalo ga salah (baru 1 tahun aja udah mulai lupa) Bahasa Indonesia, yg menurut survei itu bahasa ketiga tersulit di Asia. jujur, orang² Indonesia sendiri aja pada banyak yg kesusahan belajarnya. kalo buat orang Jakarta mungkin tergolong sering pake Bahasa Indonesia yg baik dan benar, meski bahasa ibu masih lebih sering. tapi kalo orang di daerah yg sering pake bahasa daerahnya, Bahasa bener² jadi momok

yah karena gw anak Jakarta jadi Bahasa ga gitu susah2 amat. dengan mulusnya angka 80an berhasil diraih. hal yg gw inget di UN Bahasa itu cuma 1: ternyata soal UN itu bukan 5 paket soal, tapi 1 paket soal yg nomornya diacak dengan 5 urutan yg berbeda. entah apa maksudnya, demi keadilan agar semua dapat soal yg sama, atau terlalu males ngeluarin soal² yg lain yg sejenis n tingkat kesulitannya sama

hari senin itu ujiannya 2 pelajaran: Bahasa sama Biologi. cuma biologi bahasnya terakhir aja yak, soalnya kenangan2 saat biologi itu ga mungkin banget gw lupain. mending sekarang bahas hari kedua: Matematika. gw beruntung pas kelas 11 sama 12 dapet guru yg ngajarnya enak, masuk ke otak. sama guru kelas 10 yg memaksa gw harus wajib kudu otodidak sama temen sekelas, bikin kelompok kecil, biar ngerti (karena dia ngajarnya… yah gitu deh). dan pas masa² PM sang guru pun memberi rumus² sesuai SKL (Standar Kompetensi Lulus). walhasil, UN pun menjadi sangat mudah. sayang 3 soal masih salah…

intinya, peranan guru disini sangat menentukan. kalo gurunya ngajarnya enak dan di jalan yg sesuai, maka muridnya juga akan berjalan di jalan yg sama dengan yg sang guru tunjukkan, tanpa berpindah ke jalan yg lain, hingga menuju pintu yg sesuai, pintu kesuksesan

lanjut ke hari ketiga, ujian keempat, Bahasa Inggris/English. jujur, kelas 12 lebih gw habiskan buat belajar English, khususnya grammar. di pelajaran ini gw paling sering konsul ke guru bimbel. yah emang sih, hasilnya 4 soal dijawab kurang tepat

English itu ada 50 soal 15 listening, 35 reading. readingnya juga dari teks2 singkat, mudah dimengerti, soal yg ditanya juga ga susah2 kok. apalagi sering dilatih juga. nah kalo soal listeingnya itu lho. ada beberapa faktor yg bikin orang gagal pas listening

pertama dia ga bisa secepet apa yg diucapkan si audio. mungkin audionya itu bicara terlalu cepet sama kurang jelas menurut si peserta ujian. kedua dia belum korek kuping, jadi pendengarannya terganggu. sama mungkin dia tiba2 hilang konsentrasi, sedetik aja itu bisa fatal loooh.

ketiga itu faktor kertas jawabannya. ini yg terjadi ke semua yg ngerjain soal UN English tahun lalu yg ada gambar traktornya. jadi si audio itu bilang sesuatu (jaman gw menyangkut soal alat2 pertanian, kayak traktor) sama ada gambar di pilihan jawabannya (waktu itu ada traktor, harvest machine, alat ngegusur yg biasa dipake satpol PP, dll). ini mungkin emang traktor ga gitu populer dimari, sehingga ‘gambar mana yg disebut traktor’ menjadi bahan debat kusir selama istirahat

untungnya mereka berhasil move on dari 1 soal itu dan lanjut ke kimia. yah ini juga bukan bakat gw. entah kenapa sekarang mereka telah banyak yg menghilang dari ingatan ku #halah. nilainya juga cuma 7.75 pokoknya ini yg penting lulus. abis banyak yg mesti dihafal sih u,u *padahal beberapa keton keluar di ilmu gizi, untung ga kompleks² amat

last science test, physic/fisika. setiap pelajaran ipa gw selalu bilang: ini soal biologi terakhir gw. ini soal kimia terakhir gw. tapi khusus fisika gw bilang: ini soal ipa terakhir gw. terakhir di tahun 2011 maksudnya. karena mungkin suatu saat kita akan bertemu lagi *kyaaaa co cwit*. fisika juga ga jauh beda sama matematika, gurunya juga hobi ngasih rumus yg sesuai SKL. jadi ya ga susah2 banget. paling yg bikin gondok ya konsepnya itu. gw ga hafal semua. yg penting di ijazah 80an

sekarang balik ke biologi deh. gw udah bahas di postingan sebelumnya juga ko. tapi ada 1 temen gw yg tergolong kurang ajar. disaat gw bener2 galau, gw nanya dia

“elo yakin dapet berape?”
“gw yakin bener semua, kalo salah paling juga 1 2 doang”
“… elo serius? gw aje cuma yakin 17 soal”
“iya gw serius *yakin*”

ini anak semalem makan apaan?!! apa dia abis nonton bokep semaleman gitu makanya bisa jago biologi (reproduksi) gitu?! apa emang gw yg terlalu retarded di biologi gitu? oke, mungkin ini karma dari buku biologi yg udah gw kardusin duluan. tapi ya mau gimana lagi? mau gw keluarin lagi tu buku biologi? yaudahlah pasrah aja

dan hasil akhirpun berkata 75, ya gw dapet 75 atau bener 30 soal. 13 soal yg gw tembak itu bener. dan temen gw yg sialan itu ga nyampe 80 kok. makan tuh nilai, makanye jangan nakut2in orang yg lagi galau

sama yg paling berkesan ya pas hari kelulusan. siapa sih yg ga bakal bergadang demi tau dia lulus atau engga lebih cepet. oke gw bergadang juga. sampe akhirnya ada temen gw yg ngetwit kalo SMA gw, SMA Negeri 14 Jakarta *kok frontal amat yak* pengumumannya lewat e-mail. terus gw tidur

dan pagi hari, jam 8 pagi, guru komputer gw telepon ke rumah gw. gw masih ngantuk banget, guru gw nanya “Julian!! imel anak² mana?! kok belum kasih ke gw? elo mau tau kelulusannya ga?” oke, imel anak2 pun gw kirim. padahal seinget gw juga udah gw kasih deh. abis gw kasih imel anak² gw sms guru gw, langsung gw cek imel. dan isinya cuma 1 paragraf kalimat kalo gw lulus, tanpa sebut nama, seperti imel jarkoman (_ __” )

berhubung gw ditanya imel semua anak kelas gw, gw bisa pastiin semua anak kelas gw lulus. banyak yg nanya juga karena belum sempet cek imel. udah lah elo semua lulus kok, gw liat di imel emang dikirim ke semua anak imel yg sama. selain sekelas lulus, kelas gw juga punya nilai rata2 UN tertinggi. kami emang ga ada yg menonjol, nilainya 95 ke atas semua gitu, tapi emang hampir rata. karena kami emang belajar bareng, saling bantu kalo masih ada yg belum ngerti, cabut PMnya juga bareng malah :hammer

dan itulah saat2 terakhir kami bersama di kelas *sumpah gw mau nangis beneran

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

