Ujian Nasional

Ujian Nasional, rasanya dua kata ini seperti menjadi momok yg menakutkan bagi para pelajar SMA. mungkin ini karena para guru dan media yg terlalu melebih2kan. dari pengalaman gw tahun lalu, UN itu ga jauh beda kayak tes biasa ko. ya mungkin kalo tes biasa elo ga lulus tinggal bilang guru yg bersangkutan: pak/bu, minta remedial dong. ambil remedial, selesai. tapi kalo di UN?

yup, ga ada remedial, paling banter ambil paket C. paket C itu apa? mungkin isinya Nasi, Ayam, Softdrink sama French Fries. kalo paket B itu French Friesnya kita ganti sama Nugget. oke di blog gw ga nyediain paket gituan. dan gw tau kok, ini ga lucu, garing banget… tapi apa yg mau gw bahas masih belum selese, so jangan beranjak dulu, apalagi beranak, oke sesi jayus selesai. kembali ke paket C, mungkin ini semacam ujian biar dapet sertifikat setara SMA. tapi gw bener2 ga tau ini apa. yg gw tau, gw udah punya ijazah SMA, selesai

hari² sebelum UN/masa2 PM (pemantapan) malah bisa gw bilang lebih menjadi momok. jujur aja deh, apalagi buat yg cewe, kalian gondok ga sih kalo berat kalian naek, 5 kilo aja? gondok kan? jadi mana yg lebih jadi momok: UN apa PM?

jujur, semester 1 sampe 5 di SMA gw cukup aktif ikut kegiatan2 sekolah, khususnya ekskul gw: silat. otomatis kalo olahraga pasti kalori yg dibakar lebih banyak, dibanding cuma duduk di kelas. terus pulang (tapi mampir dulu ke tempat bimbel, sampe malem). walhasil perut gw ‘membuat sebuah kemajuan’ a.k.a membuncit. men, dulu perut gw rata. tapi baru bulan Februari aja perut gw bisa dilipet -.- sampe temen gw bilang: nju gendut, dulu lu atlet juga. gw gondok.

balik lagi ke pembicaraan utama: UN. menurut gw, UN itu ga lebih sulit daripada moving on. iya moving on, ga ada yg salah di kalimat ini. gw emang udah optimistis duluan sih sebelum UN. kalimat yg masuk ke otak gw cuma “UN itu gampang”. padahal nilai TO gw jarang2 nyentuh 9. malah pernah TO biologi sama kimia gw 5. iya 5, lima puluhan lah, ga ngepas lima.

terus ada juga yg bilang “ah UN sih ga jauh beda sama TO”. berbekal dari kutipan2 tadi, h-1 UN gw ngepak semua buku2 IPA gw (buku lain udah gw pak duluan sesaat setelah UAS). loh kan masih ada SNMPTN? berhubung gw ga ada tujuan di jurusan2 IPA lewat SNMPTN jadi gw emang ga niat ikut SNMPTN IPA, gw nyebrang ke IPS. jadi UN itu soal2 IPA terakhir gw di tahun 2011

terus elo ga belajar? ya belajar lah, dari latian2 soal sama lembar2 kertas TO sama latian pas PM. toh soal UN emang katanya mirip2 sama TO2. logikanya: emang bakal masuk tuh 3 buku buat 1 mapel? engga kan? kalo cuma ringkasan rumus mungkin masih masuk deh

hasilnya emang bener sih. matematika, fisika, kimia itu pake rumus2 yg sama kayak TO ma PM. pun demikian dengan linguistik, Bahasa Inggris sama Indonesia. konsep2nya sama. semuanya sesuai SKL. oh iya gw belum sebut biologi. ini suram *oh God, Why…* itulah perasaan gw pas ngerjain soalnya, mana hari pertama pula

emang gw pake cara tadi, ngapalin konsep2 yg bakal keluar. cuma gw lupa, biologi ga ada rumus/benang merah, yg ada cuma ngapalin semua, misalnya ngapalin sel secara keseluruhan, ngapalin anatomi virus, atau bahkan ngapalin silsilah klasifikasi mahluk hidup (_ __” ) jujur, dari 40 soal gw cuma yakin 17 soal. tapi Tuhan berkata lain, gw bener 25 soal…

ada 1 soal yg paling bikin gw keabisan waktu. kurang lebih soalnya gini: penyakit hemofilia disebabkan oleh… itu soal penyakit genetika.. pilihan jawabannya itu jika ayah dan/atau ibunya terjangkit/karier/pembawa. tapi begonya gw malah ngebaca: penyakit pedofilia disebabkan oleh…

gw mikir: gw kalo naksir sama cewe selalu yg lebih muda dari gw, dan kata orang2 gw pedofil. tapi gw mikir lagi: perasaan bokap nyokap gw normal n bukan pedofil dah. eyang putri sama eyang kakung gw juga ga hemofil (yg gw pikir hemofil itu suka sama bocah). ini kira2 makan waktu setengah jam lebih (secara akumulatif). awalnya sih gw lewatin, tapi emang gw cuma yakin 10 soal malah. sampe gw sadar kalo gw salah memahami soal, hemofil itu bukan pedofil

tapi yg terpenting gw lulus SMA, udah ga ketemu lagi sama hemofil itu, kalo pedofil sih masih. so, nikmatilah UN, nikmatilah masa2 terakhir kalian di SMA. kelak kalian akan mengigat masa2 UN dengan tetasan air mata

Leave a comment

Leave a Reply

