Rice Cookery

nasi, siapa yg ga kenal nasi? ini makanan pokok sebagian besar orang Indonesia, apalagi nasi putih (dari beras putih). gw bingung banget, kenapa orang Indonesia gemar banget makan nasi (termasuk gw, meski ga tiap hari makan nasi). padahal nasi itu nilai gizinya tergolong buruk di ‘kalangan’ makanan utama/karbohidrat. biasanya nasi itu minim serat/selulosa, minim protein dan thiamin, dibanding sumber karbohidrat lain. nasi juga terlalu mudah dicerna, ga percaya? coba aja kunyah 10 detikan, nanti juga terasa manis

itu baru dari segi gizi, belon lagi pas masaknya. pertama cuci beras. ini emang agak repot, cuci buat 2 porsi aja kadang bikin males, apalagi cuci buat banyak porsi. mending cuma nyuci, kalo mesti misahin dari ‘tamu2 tak diundang/penyusup’ macam kutu gimana? masalah belum selesai bung, abis itu elo mesti nyuci peralatan buat masak nasinya. sering banget tu nasi nempel di utensil n susah disikatnya. belum lagi kalo nasinya nyelip di skimmer. aaargh ribet!! makanya beli nasi tu lebih enak (kalo udah beli, faktor gizi ya dinomorduakan)

btw gimana sih cara masak nasi biar enak n nilai gizinya masih ada? oke, gw share aja deh 4 cara masak nasi. sebelum mulai masak mari kita ke faktor gizi sama wanginya dulu. kalo mau nasinya tetep bergizi, ya beli beras merah, itu lebih bagus. kalo kurang suka beli beras putih yg kualitasnya bagus. lupakan soal harga toh paling cuma beda gopek/kilonya. terus cucinya cukup sekali aja, jangan banyak2, apalagi pake sabun cuci (ada gitu sabun buat cuci beras -___-) nanti gizinya malah kebawa sama air tajin tersebut (oooooh… sekarang gw tau kenapa air tajin itu bagus… #BaruNgerti) kalo kata senior: ‘cuci beras itu harus bersih, kalo bisa pake sabun’ itu cuma konspirasi bakteri dari tukang sabun tersebut

dan yg paling penting, beras yg dicuci pagi ini ya buat pagi ini, kalo engga buat nasi goreng nanti siang, paling banter buat nanti sore. nasi itu tergolong basah/lembab, lembab itu tempat bakteri sedang horny2nya sehingga mereka gencar sekali berkembang biak *ye kali bakteri2 sialan itu horny beneran -___-*

terus kalo biar wangi, pake aja ‘air dewa’ (nama disamarkan). air dewa itu apa? nanti gw bahas di akhir2. jadi kita ga bikin nasi pake air biasa apalagi air comberan, tapi pake air dewa tersebut. oh iya kenapa dinamain air dewa? ini karena airnya itu ada campuran2 khusus, sekilas terdengar kayak air dewa pas ospek, langab, MOS, atau apalah namanya, tapi ini gak sejijik itu, malah harum lho

lanjut ke cooking methodnya

Steam
ini cara yg paling umum digunakan. masak beras yg udah dicuci di panci, air (dewa) 1 ruas jari lebih tinggi. begitu mendidih, sambil diaduk, terus pindahin ke steamer (dikukus pake air dewa juga) sampe mateng. kelemahan cara ini banyak banget, kita pake 2 jenis panci (bikin kotor), lama (boros gas) pula

Siram/Bibis
ini cara yg paling gampang dan cepat. masak beras di atas steamer, tunggu sampe kalo ditempelin tangan ga lengket lagi, siram pake air (dewa) selevel sama beras, tunggu sampe mateng

Gohan
gohan itu artinya nasi dalam bahasa Jepang. CMIIW cuci beras, rendem 30 menit (kalo pengen, biar empuk aja soalnya beras jepang itu cukup keras), keringin 30 menit, masak di panci dengan air (hampir) 2 ruas jari/sama tebelnya kayak telapak tangan (ditutup, kalo bisa tutup rapet sama alumunium foil), begitu mendidih kecilkan api 15 menit, matikan, diamkan 15 menit nanti juga mateng sendiri kok, ini yg bikin pulen

Pilaf
ada lagi pilaf, ini cara eropa. tumis onions, masukkan beras pilaf (disarankan, kalo nasi biasa hasilnya kurang bagus), aduk, masukkan kaldu (ayam) 1,5x volume beras, tambahkan garam, biarkan reduce, tutup, bake di oven 200 derajat C 15 menit, tambahkan butter saat penyajian. pilaf rice ini ga seempuk nasi putih karena emang orang sono kurang suka nasi yg lembek

Rice Cooker
ini yg paling noob _ __” kayaknya di buku2 petunjuk rice cooker juga ada deh

kalo ada cooking method soal nasi gw post lagi, soalnya seinget gw ada yg namanya rice cookery kok (karena emang teknik masak beras itu banyak)

oh iya, air dewa itu apa?

  • air
  • daun salam
  • sereh, memarkan

to taste/kira2 aja, ini buat ganti air biasa, biar lebih harum, lebih bikin nafsu makan

oh iya, buat tipe2 nasi lain menyusul (nasi liwet, nasi kebuli, dll)

Previous Post
Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: