Rumus di Sekolahan

rumus, 1 kata yg berisi 5 karakter yg disusun oleh 4 huruf ini pastilah pernah (atau bahkan masih) menjadi penyebab kita gondok. dan gw yakin sekarang mereka sedang jadi pembicaraan hangat di kalangan anak kelas 3 (SMP, apalagi SMA) karena sebentar lagi Ujian Nasional (tiba2 langit mendung)

wahai kalian yg masih putih abu2, apalagi putih biru, sadarilah! sadarilah bahwa rumus yg kalian pelajari itu masih belum seberapa, bahkan mungkin masih belum menjadi rumus dasar. berapa huruf sih yg mesti kalian hafal untuk sebuah rumus di SMA, baik itu huruf alfabet, maupun huruf yunani macam sigma, phi, rho dll? seinget gw 1 rumus ga bakal lebih dari 8 karakter, ya palingan ditambain sama operasinya (kali, bagi, tambah, kurang) malah justru biasanya 1 rumus ga mungkin keluar semua operasi tersebut, paling cuma 2 (kali ma bagi) yg ada 3 operasi aja jarang2

“kak kan elo perhotelan, kayak elo ketemu rumus2 susah aje”

kata siapa gw bebas dari rumus? emang masak itu ga ada recipe/rumus yg berlaku disitu apa? misalnya aja basic recipe, basic banget malah, stock

2 kg Bones + 4 lt water + mire poix (cari lagi rumus ini) + salt

atau bisa ditulis

S = 2b + 4w + Mp + s

itu baru stock, belum masuk ke supnya. lalu ada juga saus yg namanya Cafe de Paris, disitu ada 17 bahan yg digunain, untungnya quantity-nya itu kira2 aja… hehe😀 bicara soal saus, mungkin meuniere sauce itu saus paling gampang ini rumusnya

butter —melt it–> + lime juice + salt

itu rumus n harus sesuai urutannya

terus kalian juga cuma ngapal huruf2 itu doang kan (contoh: E = mc2, F = k deltaX dll gw udah lupa rumus2nya soalnya :hammer), tinggal dibikin jadi singkatan juga selese (E = MenCar2, F = kadex). huruf doang kan, yah paling kalo ada huruf sama kuantitas juga ini: L = 4 phi r2. ga ada rumus basic bread kan?

(1000g Hard Flour + 17g yeast) + (20g salt + 25g sugar [+ 5gr improver]) + (620cc water) + (25g margarine)
atau (1000 hF + 17 Y) + (20sl + 25sg) + (620 w) + 25 mgr

mixing do’
bulk fermentation
knocking back
scalling & moulding
intermediate proof
final moulding
final proof
baking
cooling

improver kalo perlu, kalo tingkat keasaman airnya kurang normal

mamam tuh rumus!!

ribet man!! itu harus pasti segitu, harus ikut rumus! ga bisa kira2 kayak masak (karena ga mungkin begitu roti udah dipanggang tiba2 “eh iya, kurang garem, tambain dulu dah”) oleh karena itu bagi kalian yg masih SMA, nikmatilah 3 tahun terindah di hidup kalian

Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: