Tips Mendapatkan Bangku Kuliah di Kampus yg Diimpikan

oke, semua anak SMA pasti udah masuk. dan bagi anak kelas 12, ini adalah semester terakhir, semester 6, masa2 terakhir menikmati celana abu2 kalian. dan tentunya kalian pasti ingin kuliah di kampus yg kalian idam2kan (gw ga bakal nyebut universitas ya, soalnya pasti kan ada juga yg maunya ke akademi, sekolah tinggi, institut, dll). oke, sekarang gw bakal ngulas cara dapetin bangku kuliah yg kalian idam2kan

ini dibuat berdasarkan pengalaman gw dan temen2 gw yg udah ngerasain nyari kuliah

caranya mungkin agak susah. tapi jangan pesimistis dulu lah, mending dicoba dulu. pertama datengin kampus yg kita idam2kan pada siang hari. terus cek sistem keamanannya. pada malam harinya, dengan pakaian ninja ala maling2, colong deh tu bangku kuliah sebiji, selesai kan…

oke, lupakan paragraf sebelumnya karena itu bener2 ngaco. tapi ada 1 hal yg bener dari paragraf tersebut: datengin kampusnya. dari pengalaman gw sebelumnya, gw datengin kampus yg gw impikan, kebetulan gw juga bareng nyokap. awalnya nyokap kontra kalo gw mau masuk kesana, pas maen ke tu kampus kebetulan ada yg jelasin soal kampusnya. nyokap yg awalnya kontra malah jadi pro. ga cuma mau masuk kuliah, sebelum masuk ke SMA gw pernah main (sebenernya sih latian silat) di SMA gw. pas abis UAN, diterimalah gw di SMA itu. pas SMP juga, tapi bukan main2 sampe masuk ke dalem, cuma sekadar lewat. FYI gw cuma ikut 2 tes: SNMPTN sama tes STPB, di snmptn gw dapet di UNJ, gw juga pernah main2 kesana soalnya. jadi kesimpulannya: main2 ke kampus yg mau dituju memperbesar peluang masuknya

tu poin pertama, poin kedua tentu saja: belajar. di kelas 3, gw cuma intensif di Bahasa Inggris, khususnya grammar. hasilnya pas gw tes STPB meski gw lagi pusing2, teler, pokoknya kondisi gw buruk, gw bisa nyelesein tu 100 soal dalam 70 menit. oh iya, soal kondisi gw yg parah mungkin ini karma

ada temen gw yg ikut Nurul Fikri Mabit, nah disana itu lagi tidur, dibangunin tengah malem, disuruh ngerjain 4 soal yg (kalo gw bilang) susah. pernah gw giniin “elo ngapain bangun tengah malem, lagi teler2 gitu terus ngerjain soal2 susah gini… nyiksa diri aje.” doi cuma ngebales “ini buat antisipasi aja, soalnya pas hari H bisa aja kondisi elo lagi ga sehat, kalo engga elo dapet ruangan yg ga mendukung. misalnya AC mati, atau terlalu dingin.” awalnya sih gw ga percaya, tapi ternyata keadaan sial itu menimpa gw, di tes di sekolah tinggi yg jadi prioritas utama gw. jleb banget…

berikutnya, jangan punya banyak tujuan! loh kenapa? alesannya gampang. pertama lo bakal ga fokus. mending kalo ujiannya masuk sekolah tinggi semua, yg tesnya cuma TPA sama Bahasa Inggris, kalo gagal tinggal koreksi salahnya dimana, terus coba sekolah tinggi yg lain. kalo misalnya beda2 gimana? misal abis SNMPTN coba tes sekolah tinggi A, B, tes univ lagi… beh ribet…

kedua, kalo pilih banyak pilihan, yg ada di otak lo pasti ini: kalo gw gagal, gw masih bisa kesini, gw masih bisa kesana… hasilnya apa? lo gagal. (titik). segala sesuatu itu berasal dari pikiran, elo aje udah mikir elo bakal gagal, hasilnya ya elo gagal. gw aja cuma ikut dua tes, tes pertama (SNMPTN) gw ga niat gitu, ngerjain ngasal, abis tes bukannya belajar/siap2 buat besoknya lagi gw malah nongkrong. mending nongkrong bareng yg ikut snmptn juga, gw malah nongkrong sama ade kelas. gw all out di tes stpb, hasilnya ya gw dapet tuh, snmptn juga dapet sih, tapi buang aje laaah…

ini yg harus paling diwaspadai bocah2 SMA: JANGAN PERNAH PACARIN GURU LES. kalo ngefans sih gapape, cuma kalo pacarin dari semua orang yg pernah gw kenal n macarin guru les, semuanya berakhir dengan ‘tidak mendapatkan bangku kuliah’. yah kalo kalian tertantang sih lakuin aja…

dan yg paling penting adalah berdoa. karena sekuat2nya kita berusaha, kalo Tuhan ga berkehendak ya mau gimana lagi. pun sebaliknya, kalo kita ga yakin lolos tapi Tuhan berkehendak ya lolos lah…

intinya jangan minder pas tes seleksi, kalo kalian merasa soal2 tersebut susah, bersyukurlah! karena sebenarnya bukan hanya kalian yg merasa kesusahan…

Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

