Managemen Tata Boga, salah satu prospek cerah 2012

di tengah kegalauan ini gw mencoba mencari ‘obat’, mencoba melarikan diri dari kenyataan oh ga segitunya juga. so gw putusin buat ngaskuskaskus banget :kbgt:. eh gw nemu artikel kayak gini, emang sih terlihat spekulatif tapi apa salahnya kalo diikutin

Menebak-nebak apa pilihan karir yang terbaik 2012? bagaimana mengetahui sektor-sektor akan terus tumbuh dan yang paling mungkin untuk menawarkan kesempatan kerja dalam waktu dekat. Resesi saat ini telah membawa perubahan besar dalam pasar tenaga kerja. Beberapa pekerjaan yang pernah dianggap baik gajinya dan aman bisa-bisa tidak berlaku hari ini! Hal ini menciptakan banyak kebingungan dalam pikiran orang yang akan memulai atau mengubah karier. Menurut para ahli dari pasar tenaga kerja, lima bidang ekonomi kesehatan, bisnis, keuangan, teknologi informasi, pendidikan dan media / komunikasi, akan terus tumbuh walaupun resesi. Oleh karena itu, beberapa peluang karier terbaik saat ini di sektor ini. Bagi mereka yang ingin mengetahui potensi terbaik 2012, berikut adalah beberapa informasi berguna mengenai pekerjaan di masing-masing sektor.

Kesehatan
hari ini kesehatan adalah kebutuhan besar untuk masyarakat, dan menurut analis pasar tenaga kerja, kesempatan untuk bekerja di daerah ini akan terus tumbuh dalam tahun-tahun mendatang. Peluang mulai dari yang seorang asisten dokter atau terapis fisik untuk perawat atau asisten perawat. Untuk menjadi asisten medis, Anda memerlukan gelar sarjana dan dua tahun program pelatihan, yang dirancang khusus untuk asisten dokter. Untuk menjadi seorang ahli terapi fisik memerlukan gelar master dalam program terapi fisik dan harus mendapatkan lisensi untuk lulus ujian. Jika Anda ingin menjadi seorang perawat, Anda harus siap selama tiga tahun diploma keperawatan atau empat tahun Sarjana Keperawatan.

Teknologi Informasi
Seperti software developer, software tester, penulis teknis, dll, tentu memenuhi syarat untuk berkarir pada tingkat upah yang baik untuk 2012. Meskipun resesi, telah terjadi peningkatan yang stabil dalam permintaan untuk komputer pribadi. Untuk menjadi insinyur komputer, Anda perlu gelar dalam ilmu komputer. Untuk menjadi seorang analis sistem dan jaringan, Anda perlu gelar dalam ilmu komputer.

Bisnis dan Keuangan
Ada banyak kesempatan dan pertumbuhan lapangan kerja di sektor ini juga bagus. Resesi telah mendorong permintaan untuk akuntan dan auditor – mereka yang mengelola rekening perusahaan dan laporan pajak tahunan. Analis keuangan dan penasihat keuangan yang mendukung direksi perusahaan dalam membuat keputusan yang baik sehingga keuntungan bisa dibuat juga dalam permintaan yang kuat. Pekerjaan lain seperti sebagai direktur penjualan, direktur sumber daya manusia, pasar profesional riset juga mengalami pertumbuhan.

Pendidikan
Baik di sekolah atau universitas adalah salah satu karir terbaik di 2012. Resesi atau tidak, selalu ada permintaan untuk guru. Untuk memenuhi syarat sebagai guru, Anda akan membutuhkan gelar sarjana empat tahun dan setifikat mengajar. Dengan gelar Master Anda harus mendapatkan lisensi untuk mengajar dari Departemen Pendidikan. Dan enaknya lagi seorang guru selalu memilki waktu libur yang lebih banyak dari karyawan kantor karena pekerjaannya selalu sesuai dengan kalender pendidikan.

Media / Komunikasi
Peningkatan traffic internet, akan ada permintaan yang besar untuk orang-orang seperti editor konten, blogger dan mereka yang memelihara situs web. Profesional periklanan, desainer video game, aktor, editor, desainer grafis dan pekerjaan lain di media adalah salah satu peluang pertumbuhan pekerjaan.

————————————————————————–

oke, terus apa hubungannya sama gw sebagai mahasiswa Managemen Tata Boga? jelas gw, eh tunggu, rasanya kata2 kami lebih pantas digunakan. jelas kami, mahasiswa Managemen Tata Boga terpanggil. karena masih banyak orang yg memandang sebelah mata prodi kami maka gw mulai membahas dari poin nomer 1: Kesehatan

ada 3 faktor yg mempengaruhi kesehatan seseorang: apa yg dikonsumsi/dimakannya; olahraga/aktivitasnya; dan pola istirahatnya. kalau ketiga pola tersebut kita jalani dengan benar, insya Allah, sangat kecil kemungkinan Anda terserang penyakit, baik itu penyakit kecil kayak flu, pilek, maupun besar kayak diabetes, jantung koroner, sakit hati (dalam hati sebenarnya, gangguang liver, bukan galau), dll. tapi kalo penyakit kelamin kayak HIV/AIDS gw ga ikutan ngebahas, bukan bidang gw :ngacir

oke balik ke pembahasan utama, yaitu kesehatan. makanan sangat ga mungkin dilepaskan dari kehidupan manusia, karena dari sanalah kita mendapatkan nutrisi2 yg dibutuhkan. sebagai mahasiswa Managemen Tata Boga, kami mempelajari nilai gizi, menu2 yg kami pelajari bukanlah sekadar nasi+mie yg notabene karbohidratnya melebihi kecukupan harian manusia (kecuali jika anda hanya pekerja kasar yg membutuhkan banyak energi saja dalam jumlah besar dan sedikit berpikir, Anda akan membutuhkan karbohidrat berlebih). menu2 harian kami memiliki nilai gizi yg seimbang yg mencukupi kebutuhan harian, kami bisa mengklaim kalau kami asal mula dari hidup sehat

dan Anda jangan melupakan satu hal, kami bukanlah ‘Tata Boga Ajah’ tapi kami ‘Managemen Tata Boga’ yg pastinya belajar managemen, khususnya mengelola restoran. kami tidak mencetak seorang Cook, tapi kami mencetak Chef! ga cuma itu, masih ada profesi lainnya. misalnya di Supermarket, jual makanan mentah (ikan, daging2an, dairy product, buah n sayur) sama mateng (kue jadi, jajanan pasar, es2an) juga kan? nah itu ada Manager yg nanganinnya dan (seharusnya) managernya itu lulusan MTB karena mereka lebih tau cara memperlakukan makanan2 tersebut

sekian, intinya jangan pernah sekalipun menutup sebelah mata. oh iya, ini ada tambahan lagi dari Menteri Pariwisata Kreatif. buka n baca aja sendiri, saya mau tidur, mimpiin pacar orang lain

Previous Post
Leave a comment

13 Comments

  1. managemen tata boga sama pendidikan tata boga sama gk sich ???

    Reply
    • beda cukup jauh
      PTB itu S1, prospeknya jadi guru, konsultan, sama yg kerja di belakang meja. Yg punya program ini biasanya kampus yg emang di bidang pendidikan/nyetak guru kayak UNJ, UPI dll
      kalo MTB itu D3, prospeknya di dalam dapur, bisa juga sih jadi konsultan atau yg saya sebut di postingan ini. Kalo ngerasa kurang juga tinggal ekstensi ke D4 perhotelan atau S1 (biasanya sih kalo S1 ke ilmu ekonomi atau gizi. Tapi sih sebenernya juga udah cukup kok)

      Reply
  2. rizky

     /  February 7, 2013

    lok ambilnya d3 thu gmna

    Reply
  3. Bunda lenny

     /  May 4, 2014

    ikut share anda lulusan sklh mana?, anakku lg cari sklh yg segala cocok biaya maupun lokasi dan terakreditasi, anakku jur jasa boga smk, please dijwb, makasih

    Reply
    • saya lulusan SMA, karena saya masih sekolah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

      Reply
  4. bay

     /  May 18, 2014

    di ptn jurusan tata boga nonpendidikan di mana ada nya ?
    Kan kalo yg pendidikan tata boga ntar jd guru. Kalo yg nonpendidikan ada gak di perguruan tinggi negeri ?

    Reply
    • ada di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) di berbagai daerah kok. saya sendiri di STP Bandung, ambil D3 Manajemen Tata Boga

      Reply
  5. salmanAL

     /  May 29, 2014

    kalo prospek gajinya s1 pend tata boga gmana ? kisaran, soalnya saya maba s1 pend tata boga unesa. mohon bantuannya…. please

    Reply
    • wah saya kurang tau. tapi kalau saya liat dari sudut pandang HRD, orang S1 itu tunjangan pendidikannya lebih mahal daripada D3. tapi soal kemampuan kerja ya kembali ke diri masing2. kalau saya HRDnya saya pilih D3 karena tidak terlalu membebani pengeluaran untuk gaji

      Reply
    • tergantung. gaji kan berdasarkan sama biaya hidup di daerah tersebut. gaji di jakarta sama di jogja pasti beda

      Reply
  6. nana

     /  July 21, 2014

    sama gak MTB dengan d3 tata boga sprti di unj?🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: