Tips Memilih Kamar Kostan

setelah sekian lama ga ngepost, akhirnya gw bisa ngepost lagi. ini karena gw lagi ngurusin pindahan kost2an. kenapa pindah? karena emang lebih mirip penjara bawah tanah daripada kamar kostan _ __” berikut gw ulas beberapa hal yg mesti diperhatikan dalam memilih kamar kostan

luas kamar

ini sih kalo gw bilang ga gitu pengaruh. luas kamar yg penting bisa buat tidur, karena badan gw tergolong pendek (163cm) jadi 2,5 x 2,5 m2 cukup. itu luas kamar minimal buat kamar kostan, jangan pernah tinggal di kamar yg lebih kecil lagi. kalo emang dapet kamar yg sekecil kamar tempat gw tinggal sekarang, siapin papan + siku2nya (kalo barangnya banyak siapin banyak juga) sama rak gantung (biasanya ini buat naro bahan2 makanan kering kayak mie instan, beras, susu bubuk, dll) jadi bisa memanfaatkan dinding nganggur buat nyimpen barang2

eh iya, 2,5 x 2,5 m2 itu sekamar buat sendiri ya, jangan dilebihin lagi. kalo 3 x 3 m2 itu kamar paling kecil buat yg mau berdua sekamar (sekelamin pastinya, atau suami istri secara sah) terus 3 x 4 m2 buat yg mau bertiga, ini pun harus ada tempat tidur tingkatnya

letak toilet

ini penting, karena kalo lo lagi libur n males di rumah (bahasa lainnya mager) pasti sedikitnya hanya 2 ruangan yg dikunjungi: kamar (tempat ngendok/menetap, bersetubuh dengan gadget2, atau cuma tidur) dan toilet (tempat melampiaskan salah satu kebutuhan biologis: ekskresi/kencing/boker *emang lo pade mikirnye ape?) letak kamar mandi ada yg di dalem, ada juga yg di luar. kalo kamar mandi dalem pastikan kalo airnya ga rembes/udah dilapis cat anti bocor. ini berlaku juga buat kamar mandi di luar, tapi sebelahan sama kamar lo (hanya dilapis 1 dinding)

gimana kalo kamar mandinya di luar? it’s okay, selama kamar mandinya ga jauh2 amat sama perbandingan kamar mandinya manusiawi (sekitar 1:2, 1 toilet buat 2 penghuni kamar kost, atau 2:5, 4:11 itu masih cukup) kalo di tempat gw sekarang malah 3 kamar mandi buat 3 penghuni kost, aslinya sih 2:4, cuma kamar mandi yg punya bisa dipake n kamar kostnya baru keisi 3😀 tapi kalo di tempat yg lama, sebelahnya emang toilet, tapi rembes, udah gitu bau pula, ga keurus, jadi jalan lumayan juga sama ya perbandingan toiletnya kurang manusiawi. eh iya, jangan lupa toiletnya bersih, lantainya ga licin, n kalo ga ada yg nyikatin ya sikat sendiri, kalo ga ada sikatnya itu baru toilet yg jorok

instalasi listrik

ini vital, karena anak kost pasti akan membawa gadget n peralatan elektronik lainnya. ada kost2an yg ngasih 1 breaker buat 1 kamar, tapi ada juga yg sharing dengan beberapa kamar. pastiin aja ga ada tetangga yg rakus listrik, kalaupun tetangga sebelah rakus listrik yg paling penting jangan cepet break listriknya. di kostan gw yg dulu listrik bisa mati/break tiba2, padahal gw cuma nyalain kipas angin doang ._. malah pernah mati di saat penting, gw lagi masak nasi buat Branch (breakfast+lunch), mana gw lagi laper banget…

sirkulasi udara

semua mahluk hidup pasti menghirup oksigen, pastikan ada ventilasi di kamar tersebut. sama jangan sampe ventilasinya bocor juga terus kalo ujan air masuk. di tempat gw dulu ga ada, sekarang ada

cahaya matahari

kalo ga ada ini kamar lo bakal jadi kayak goa. kalo ada ini pas kesiangan lo pasti bakal terbantu bangun dengan pencerahan alami. pastikan sinar matahari cukup menerangi kamar, kalo kurang ya kayak goa2, kalo lebih ya bisa jadi panas kamarnya -__-”

kelembapan

pilih kamar yg kelembapannya manusiawi, kalo kering banget dindingnya gampang rapuh, kayak gurun, kalo terlalu lembap ya jamur tumbuh dimana2. kalo ada kayu (kayak lemari) sama kain2 (termasuk baju) bisa jadi tempat tumbuhnya jamur2 sialan itu. beberapa baju gw, kasur gw, lemari gw telah jadi korban jamur di kostan gw yg lama, makanya gw pindah sesegera mungkin biar pakaian2 gw ga berjamur lagi

beberapa faktor tumbuhnya jamur ya beberapa poin di atas: cahaya matahari, sirkulasi udara, air dari luar yg rembes karena ga dilapis cat anti bocor

sinyal

nah ini, ga mungkin banget di kost2an pake telepon rumah yg ada kabelnya. pastiin lo pake operator yg kuat di kota tempat lo tinggal. sama sinyal ini juga penting buat yg pake modem, operator internet bulanan lo bakal kuat apa lemot. gw sih alhamdulillah di tempat gw yg baru ax!s, t3lkoms3l sama sinyal tipi n radio (gw punya hape yg ada tipi ma radionya juga soalnya buat hiburan sehari2) terjangkau, hanya saja operator 2+1 kadang suka putus dimari (emang lemah sih di bandung tu operator)

biaya listrik n internet

sangat disarankan buat nyari kostan yg termasuk biaya listrik, dimana pemakaian listriknya udah tinggal pake tanpa khawatir listriknya jebol :p tapi ya kalo pake listriknya jebol terus yg punya kost jadi shock liat biaya listriknya tagihan malah dinaikin _ __” makanya sebagai penghuni yg baik pake listriknya manusiawi aja, jangan maen jarah listrik yg punya kost. sama kalo misalnya penghuni kost minta tambahan listrik, pastikan emang pelayanannya juga bertambah, di tempat gw yg lama awalnya bilang termasuk listrik, eh 2 bulan kemudian dia nagih listrik tambahan 35rb/bulan. bukannya peningkatan kualitas, listrik di kamar gw malah makin sering mati _ __” mana gw betah tinggal di tempat gitu!!

terus soal internet, berkaitan dengan poin sebelumnya, lebih disarankan pake modem sendiri. karena modem lebih fleksibel, ga mesti dipake di kamar, bisa dipake saat ngampus/nongkrong. jadi bisa internetan wherever we want n biayanya cuma 1, biaya pulsa aja. tapi kalo mau pake internet dari kostan ya silahkan aja kalo kostan nyediain yg lebih cepet. kekurangannya selain cuma bisa internetan di kamar kostan, kalo semua penghuni juga lagi ngenet kecepatannya bakal jadi lemot banget. sama kalo buat gw sih pake modem lebih murah daripada pake sp33dy dari kostan (yg baru, kalo kostan yg lama udah sp33dynya lemot, pake modem ga dapet sinyal _ _”)

dapur

ini buat yg mau masak sendiri, tapi jarang banget anak kost mau masak sendiri (gw pun kadang males masak, tapi keluar nyari makan juga males). cuma ya berhubung masak sendiri lebih murah, jadi buat penghematan lebih baik masak sendiri

bersyukur kalo ada dapur (yg bisa dipinjem) di kostan, tapi kalo ga ada ya bawa kompor portabel (listrik/gas bisa). ya minimal sih bawa rice cooker kecil, buat porsi sendiri aja, gw sih biasanya nasi kuat sampe 2 hari (asal tau kapan harus matiin/nyalainnya)

sama kulkas, buat nyimpen bahan2nya (biasanya bahan2 basah yg harus ditaro kulkas). kalo ada dapur tapi ga ada kulkas tapi mau biar bisa masak ya beli aja kulkas kecil (kayak di RS Haji Jakarta kamar VVIPnya, agak susah sih nyarinya)

parkiran

yah pastiin aja parkirannya manusiawi, eh motoriawi. minimal banget tu 2motor/jumlah kamar kost tertampung. jadi kalo masing2 penghuni kost berdua n dua duanya bawa motor, semuanya bisa parkir dengan nyaman (keluarnya juga gampang)

gerbang/pintu2nya

pastiin kalo lo punya kunci dari gerbang sampe kamar lo, jadi kalo misalnya pulang kemaleman (karena berbagai alasan, baik positif maupun… ehm, negatif) lo tetep bisa masuk sampe kamar lo. kalo misalnya ga ada gerbang ya kalo bawa motor pastiin aja dikunci dengan aman. kalo gw sih karena ga ada pager jadi motor gw (untungnya supr* X 125) ban depan gw kunci pake kunci dari h0nda, cakram belakang gw kunci pake gembok cakram, sama daerah kuncinya juga ketutup dari sononya

sekian, kalo mau nambain langsung komen aje

———————edited———————

hampir lupa, fasilitas cuci setrika

ada beberapa jenisnya. pertama harga kostan sepaket, biasanya cucinya pake mesin + disetrikain. kedua si yg punya kost nyiapin alat2 cuci sama nyetrikanya, entah manual atau mesin. ketiga beli ember, bak, sikat, papan cucian, sama setrikaan sendiri, atau kalo mau enak ya cari laundry kiloan. gw pake yg ketiga karena emang gw lebih butuh nyuci manual, soalnya noda2 di baju gw ada yg susah ilang kalo ga cuci manual

Previous Post
Leave a comment

1 Comment

  1. Haha… kocak, ngakak gua baca tips2nya…🙂, setuju gua ama tips2 lu yg didasarkan pada praktek & kenyataan di lapangan, post yg bermanfaat banget, thanks…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: