Kitchen Organization

ok kali ini gw mau ngebahas Kitchen Organisation (lagi) which i’ve explained before in this post. cuma disana isinya chef2 yg udah di atas, nah kali ini gw mau bahas dari bawah. karena semua orang (umumnya, dan baiknya) mulai segala sesuatu dari bawah. soalnya kalo mulai dari bawah, kita tau apa aja kerjaannya orang bawah, kita bisa ngritik kalo misalnya bawahan kita kalo kerjanya kurang bagus. beda kalo langsung dari atas, ga nutup kemungkinan kita dibodohi bawahan, atau bersikap hingga itu bawahan ga betah kerja

ok lanjut ke topik utama. di hotel2 besar sendiri biasanya punya 2 jenis dapur: dapur utama, dapur tempat masak dalam porsi besar atau dapur utama sama dapur satelit yg lebih deket sama pengunjung/tamu, dipimpin sama sous chef

lanjut, tahap2 karier biasanya dimulai dari bawah sini:

Trainee Chef
ini cuma orang2 trainee/PKL, bahkan mereka bukan employee di hotel tersebut. tujuannya ya lebih ke pengalaman

Cook Helper
ini mulai jadi employee dari hotel tersebut. tapi ini tingkatan paling bawah, biasanya ini yg membantu mise en place

3rd cook, 2nd cook, 1st cook
kalo ini gw masih belon tau tugasnya .__. tapi biasanya ada di struktur organisasi

Demi CDP
tugasnya bantuin CDP

Chef de Partie
ini baru mulai berkomando, biasanya CDP mengatur/mengorganisir sebuah wilayah dapur/section kitchen. buat jenis2nya udah gw bahas di postingan sebelumnya

sekian

Leave a comment

1 Comment

  1. Teu baleg

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: