Di Balik Dapur Chinese

ok sebelum gw membuka blog ini izinkan gw berkeluh kesah. gw bete ma minggu² mau UN n SNMPTN jadinya waktu blogging gw ngurang😦 tapi untungnya mereka semua telah berakhir, target di depan (sementara ini) cuma 1: Masuk STPBandung – Managemen Tata Boga

ok balik ke topik, gw kadang bantu² di rumah makan temennya nyokap gw, di restoran Chinese. oh ya gw ga akan bilang Cina, gw akan pake bahasa China / Chinese. soalnya beberapa Chinese masih trauma karena perlakuan buruk di orde baru jadi mereka lebih suka disebut China / Chinese. lebih bahagia lagi kalo dibilang Indonesia juga😉 toh paspor ma KTP mereka WNI

masakan chinese itu identik sama minyak²an. beberapa emang pake Minyak Babi, tapi tenang sekarang udah ada yg bisa ngakalin minyak babi tersebut😉 ini bumbu² yg ada di dapur chinese versi halal

Minyak Bawang Putih
ini minyak biasa yg dibuat dari minyak goreng bekas ngegoreng bawang putih, fungsinya buat bikin harum bawang n masukin di tengah². bawang putih kalo digoreng tentu ga akan sebau bawang putih yg langsung dimakan

Minyak Wijen
ini juga fungsinya memperharum, dipake di akhir², biasanya api kompor udah kecil, bahkan mati, saat ini dimasukkan. dijual di toko² bumbu ko, apalagi kalo yg jualnya juga Chinese, tinggal tanya “koh/nci ada minyak wijen ga?”

Kecap Inggris
biar dapur Chinese ya bukan berarti ga pake bahan laen kayak kecap Inggris _ __” ini juga buat bikin wangi kok, yg jual juga ga sedikit. eh iya ada yg bilang kalo Kecap Inggris tu mengandung babi, mohon jangan gampang percaya soalnya di labelnya ada cap halal dari MUI🙂

Kecap/Minyak Ikan
kalo ini udah jelas buat nambah wangi ikan/seafood. actually kecap ma minyak itu ga jauh beda ko cuma kalo kecap ngerubah warna lebih item daripada minyak. ni juga banyak yg jual

Ang Siu / Sari Tape
ini sari tape, mengandung sedikit alkohol. fungsinya buat menambah keharuman dan melarutkan bumbu. seperti yg dipelajari di sekolahan, alkohol itu lebih mudah melarutkan dan lebih mudah menguap. jadi ya cuma numpang lewat aja pas makanan udah mateng ya ga ada alkoholnya lagi🙂

Minyak “Babi”
buat yg Muslim tenang aja, gw juga Muslim ko, ini juga bukan minyak babi beneran tapi ini cuma “babi”. jangankan Islam, golongan Vegetarian juga boleh ko🙂 ini sebenernya minyak goreng bekas goreng daun bawang, bawang bombay sama bawang merah. ketiga bahan tersebut digoreng (banyakin di daun bawang). ini tentu ga dijual dimana² _ __” tapi bisa dibikin sendiri ko. goreng hingga mereka kecoklatan terus mereka dibuang deh *eh kejam😦 * *ya iyalah lo mau makan mereka yg udeh coklat gitu?? _ __”* dipakenya pas ditengah², wanginya ga kalah ko sama minyak babi beneran selama di-combo sama minyak wijen ma ang siu😉

Saus Tomat n Sambal
tentunya bumbu ini juga ga asing, biasanya bumbu ini dikombo sama bumbu lain biar jadi saus yg lebih baik. saus yg bisa dibuat biasanya saus Steak, BBQ dll

setelah bahan² cair di atas ini ada bahan² tepung/serbuk

Garam
do I have to explain this one? _ __” ini buat menambah rasa asin :hammer:

Lada/Merica
masih ada yg ga ngerti? ini buat nambah rasa pedas, lebih enak sih lada hitam jadi keliatan di masakannya

Mecin
ini juga masih kurang ngerti?? _ __” ini tentu buat merangsang si rasa agar lebih keluar. tapi buat yg ga suka mecin ada gantinya ko. di bawah ini bakal gw bahas lagi

Gula
ini jelas pemanis, emang bisa menambah rasa gurih, tapi ga gitu kuat rasa tambahannya. bandingkan sama yg ini

Kaldu
ini baru rasanya lebih kuat, tapi biasanya kaldu itu udah termasuk sama garem n mecin. jadi ya percuma aja pake kaldu toh pake mecin juga _ __” cuma sekarang udah ada kaldu jamur yg tanpa mecin. emang masih jarang yg jual. dan semoga aja emang jarang yg jual coz ini masih bisa dibilang bumbu rahasia. khukhukhu *terus ngapain dikasih tau kalo rahasia :batabig* *kan elo pada pengen tau…*

Maizena
atau tepung jagung. ini buat mengentalkan kuah, dicampur sama air sebelum masuk ke masakan. kalo langsung masuk ke masakan biasanya ngegumpal makanya mesti dilarutin dulu

Tepung Terigu
ini buat bikin yg krispi² gitu, biasanya sih yg dipake yg protein sedang

sekian🙂

Previous Post
Leave a comment

3 Comments

  1. Catur Agus

     /  February 21, 2013

    “alkohol itu lebih mudah melarutkan dan lebih mudah menguap. jadi ya cuma numpang lewat aja pas makanan udah mateng ya ga ada alkoholnya lagi”

    Bagaimana anda yakin itu sudah 100% menguap? Bagaimana ƘƏLƏƲ masih αϑα? ªpª Ўƍ akan anda katakan di hadapan اَللّهُ kelak?

    Sesuatu Ўƍ haram itu najis juga lho,… ƘƏLƏƲ pakaian kena (maaf) tahi misalnya, dibersihkan dg dicuci. Bagaimana caranya ngebersihin makanan Ўƍ sudah mateng?

    Minyak “Babi”
    buat yg Muslim tenang aja, gw juga Muslim ko, ini juga bukan minyak babi beneran tapi ini cuma “babi”. jangankan Islam, golongan Vegetarian juga boleh ko

    “jangankan Islam, golongan Vegetarian juga boleh ko”

    Wah, wah,… Berarti vegetary lebih teliti memilih makanannya drpd muslim Ɣª?

    Reply
  2. Ang ciu dan sari tape kalau diminum banyak memabukkan, sedikitnya pun haram, jika tercampur ketika membuat nasi goreng, apa iya kita akan mabuk ketika memakannya?
    saya rasa makan 5 kg nasi goreng pun tdk akan menutupi akal pikiran kita, di Al-Qur’an dijelaskan tentang Al-khamr adalah sesuatu yang memabukkan (menutupi akal pikiran kita) baik beralkohol maupun tidak.
    buah yang mengandung alkohol 4-6% sperti duren, lengkeng, dsb tidak diharamkan oleh MUI.
    yang pastinya semua tergantung niat kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: