Roti Kampung Panggang

wah udah lama gw ga ngeblog apalagi ngepost resep – -”
langsung aja, ada yang kenal dengan roti kampung? itu roti yang biasa dijual abang² yang kalo ga naek sepeda ya cuma mikul dagangannya. mungkin ada yang bilang rotinya itu sebenernya kurang enak, tapi jujur daripada sar*roti, BO*I, dan roti² laen yang lewat gw lebih suka sama ini roti. kenapa? komposisinya jelas:

  • tepung (biasanya sejenis cakra / protein tinggi)
  • margarin
  • ragi
  • telur
  • susu

dan tanpa pengawet. kalo ga percaya coba saja simpan ± 3 hari, pasti langsung berjamur. mau contoh lain? coba aja beli rotinya di pagi hari pasti lebih murah Rp 500 daripada di sore hari. soalnya ini roti produksi kemarinnya makanya kalo beli sore itu lebih fresh karena baru jadi

so, sebagai tanda terimakasih gw ke mereka gw mengembangkan resep n mempromosikan roti mereka. di resep ini gw pake roti yang bunder/lingkaran, yang sebelum dipotong² bentuknya silinder (ya iyalah, anak SD juga tau)

rotinya

disini gw buat tiga menu

menunya

siapin dulu alat²nya

  • pisau / sendok buat oles²
  • piring buat wadahnya, bisa diganti daun pisang kalo ga punya piring
  • panggangan roti, yang buka tutup. atau kalo tipe handphone tu clamshel
  • kalo ga ada ya pangang manual aja

ok, dimulai dari pasangan yang kanan

roti isi selai kacang coklat
ini resepnya simpel aja makanya gw ekspos duluan

bahan:

  • 3 lembar roti kampung
  • ± 1 sdm selai kacang buat lantai atas
  • ± 1 sdm selai kacang buat lantai bawah

Roti Panggang Tahu-Nori
yang kedua (tengah) ini lumayan unik. biasanya orang Indonesia makan Tahu itu pake nasi, lalap macam kemangi sama selada dan sambel, tapi kali ini coba gw ubah yaitu makan tahu dengan roti, mayonaise dan nori. ini bahan²nya:

  • 2 lembar roti kampung
  • 2 lembar nori, yang udah dipotong biar pas di roti tentunya
  • 1 potong tahu, kira² tebalnya 8 mm
  • ± 1 sdm mayonaise

Toasted Sandwich
yang ketiga ini gw buat mungkin biasa buat toping roti. cuma gw kembali menggunakan nori sebagai pengganti selada

  • 3 lembar roti kampung
  • 2 lembar nori
  • 1 lembar daging burger, bisa diganti kornet, kalo perlu pake daging giling
  • 1 buah deep-fried egg*
  • ± 1sdm mayonaise

untuk membuat deep-fried egg

  1. beri minyak cukup banyak di dalam wajan
  2. panaskan minyak, tapi jangan terlalu panas
  3. masukkan telur kedalamnya, dan biarkan telur ‘berenang’ di dasarnya
  4. beri garam
  5. goreng hingga matang, tiriskan

oh iya, selain mayonaise, bisa ditambah saus tomat, sambal, mustard, dan krim keju sesuai selera. selamat menikmati😀

Next Post
Leave a comment

4 Comments

  1. najam

     /  July 18, 2010

    Nori itu apa?

    Reply
  2. sherina fauzani

     /  June 4, 2011

    bos, resep2nya kurang foto biar menarik buat dimasak nih

    Reply

Leave a Reply

