Tingakatan² dalam Hidup

dalam kehidupan tentu ada sosok yang berpengaruh dan bisa mempengaruhi jalannya hidup. seperti dalam sepakbola, sosok² berpengaruh tersebut hampir tidak berbeda. berikut ini adalah contoh²nya

Penonton di Rumah
penonton di rumah sebenarnya juga termasuk fans, hanya saja karena berbagai kendala fans tersebut hanya bisa menonton di rumah. tentunya mereka hanya bisa mendoakan keberhasilan tim mereka. intinya mereka hanya bisa menggunakan hatinya

Suporter
suporter bisa dibilang cukup berpengaruh karena mereka bisa menciptakan atmosfer di lapangan. ada beberapa tipe dari suporter

Suporter Alay
nah ini yang paling brengsek. mereka cuma dateng ke stadion terus ngerusuh doank deh. sok² pake atribut pula. bikin malu tim yang dibelanya aja. kadang mereka ga bayar tiket, yang otomatis ga menguntungkan pihak stadion

Suporter Biasa
ini suporter yang cukup adem ayem. mereka dateng dengan tiket resmi, duduk manis, kadang berteriak mendukung tim kesayangannya, atau juga muter²in syal (the jaks abis)

Suporter yang Niat
nah ini baru lumayan. mereka biasanya udah kayak marching band gitu, bawa drum terus dengan kreatifnya buat lagu kebanggaan yang tujuannya mendukung tim kesayangannya. beberapa membuat tarian² mendukung. biasanya membuat pemain²nya semangat

Ultras
dan ini yang paling berpengaruh di kalangan suporter. mereka mungkin hanya absen jika sedang sakit parah. tidak hanya dengan musik dan tarian, mereka mungkin menggunakan Tifo. kalo pengen tau sekilas tentang Tifo bisa tanya tante wiki. ini ada beberapa kumpulan tifo² kreatif dari Goal.com Indonesia. merekalah yang membuat atmosfer yang cukup menjatuhkan mental lawan

Tifo

tifo Ajax

Pemain

seburuk²nya pemain, masih lebih bagus daripada suporter yang terbaik

kalimat itu sangat cocok untuk pemain² yang berjuang di atas lapangan. karena merekalah yang mengubah jalannya pertandingan. mereka banyak berbuat untuk mengubah jalannya pertandingan

Staf kepelatihan dan Manager
dan merekalah yang membentuk pemain² sehingga bisa mengatur jalannya pertandingan

Kapten
dialah yang bertanggung jawab mengorganisir teman²nya. selain itu dia juga harus mampu menyampaikan instruksi² manager ke dalam lapangan. sehingga beban terberat di pegang olehnya

Tuhan
dan hanya Dialah yang bisa menentukan hasil. atas kuasaNya, bisa saja tim terbaik dikejutkan oleh tim terburuk. misalnya, raksasa tersebut tersandung saat mendribling, terpeleset saat menendang dll

manusia berusaha, Tuhan yang menentukan

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: